Pelajari 10 Keuntungan Dan Manfaat Bersedekah



Rasulullah sangat takut jika di rumahnya ada hanya sedikit saja harta atau makanan yang belum dibagi. Bahkan pakaian Baginda sendiri dari bahan kasar dan berharga paling murah.

Rasulullah SAW pernah bersabda;

"Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun, salah satunya berkata: 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang-orang yang berinfaq'. Sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata: 'Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya)'. "

Hadis Riwayat Bukhari Dan Muslim
Sedekah bukan hanya perihal memberikan sebagian harta kepada orang yang membutuhkan, namun manfaat sedekah lebih luas akan dirasakan oleh mereka yang melakukannya, diantaranya:

# 1- Memperkuat Keimanan Dan Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Jika kita bersedekah dengan niat demi untuk beribadah karena Allah, pasti akan bertambah keimanan kita terhadapNya.

Dengan bersedekah juga dapat mendekatkan diri kepada Allah karena Allah sangat menyayangi akan golongan hambaNya yang banyak memberi karenaNya, bukan bertujuan untuk pamer.

# 2- Mendapat Ganjaran Pahala

Setiap amalan baik yang dilakukan dengan ikhlas pasti akan diganjarkan dengan pahala oleh Allah SWT. Ini termasuk dalam perbuatan memberi dan bersedekah kepada siapapun yang membutuhkan.

Firman Allah;

"Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar. "

Surah an-Nissa: 114

# 3- Bertambah Rezeki Dan Mendapat Berkah

Bukankah dengan memberi kepada orang lain, Allah akan memberi dan menggantinya dengan hal yang lebih baik? Tidak sesekali kita rugi jika memberi dan membantu orang lain dengan hak dan barang kita.

Pasti Allah akan menurunkan keberkahan rezeki dengan lebih baik atas kebaikan yang kita lakukan itu. Jika bukan menggantikan hal yang sama, pasti diganti dengan kesehatan yang baik, kebahgaian dalam keluarga, kesenangan dalam bekerja dan sebagainya. Sesungguhnya rezeki Allah itu sangat luas dan tidak terbatas.

# 4- Menyembuhkan Penyakit

Banyak penemuan penelitian membuktikan dengan melakukan sesuatu hal yang positif untuk orang lain, seperti memberi atau bersedekah akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.
Salah satunya, penelitian yang dilakukan oleh James House memberi kesimpulan bahwa dengan membantu orang lain sepenuh hati dan ikhlas akan meningkatkan kesehatan tubuh dan menyembuhkan penyakit-penyakit ringan.

# 5- Memberi Ketenangan Hati Dan Kebahagiaan

Sebagai umat islam kita sering disarankan untuk berbuat apa-apa saja kebaikan demi mendapatkan ketenangan pikiran dan emosi, termasuk dengan bersedekah.

Melalui praktek bersedekah juga akan melahirkan perasaan tenang dan bahagia.
Bahkan, dengan membelanjakan harta ke arah kebaikan demi membantu orang lain pasti akan mendorong peningkatan hormon-hormon kebahagiaan dalam otak kita. Ulasan ilmiah telah membuktikan sendiri kebenaran ini.

# 6- Melahirkan Rasa Syukur

Rasa syukur adalah ketika kita berterima kasih kepada Allah dengan apa-apa yang kita terima. Lalu, dengan bersedekah adalah salah satu cara untuk kita mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT atas semua karunia dan pemberiannya.

Bukankah dengan bersedekah itu mengingatkan kita bahwa apa yang dimiliki hari ini itu adalah nikmat dan atas izin dari Allah SWT?
Jadi, jika kita ini hamba yang bersyukur, maka memberilah tanpa berkira-kira.

# 7- Terhindar Dari Sifat Kedekut

Bagaimana untuk menghindari diri kita dari menjadi bagian dari golongan yang pelit? Orang yang memberi tentu saja tidak pelit.

Sebenarnya dengan bersedekah (walaupun sedikit) mampu memupuk jiwa dan diri kita menjadi dermawan seperti yang dianjurkan oleh Islam.
Sedekah juga diajarkan melalui perbuatan zakat serta qurban sebagai ibadah wajib dalam Islam.

Sesungguhnya jauhilah sifat pelit karena itulah antara sikap yang menyempitkan rezeki.

# 8- Melatih Berpikir Positif Dan Adil

Sering kali kita melihat orang yang gemar bersedekah adalah mereka yang memiliki sikap adil, dan tidak berani mengambil hak orang lain tanpa izin (mencuri).

Itulah manfaat bersedekah, dengan melakukan amalan sedekah akan mengingatkan kepada kita tentang kewajiban dalam aspek sosial yaitu dengan bersikap adil kepada mereka yang membutuhkan bantuan dan golongan dalam kesusahan.
Ini akan meningkatkan sikap peka dan simpati terhadap kondisi masyarakat di sekitar kita yang kadang kala sangat membutuhkan perhatian kita.

# 9- Terhindar Dari Sikap Keduniaan Dan Materialistik

Amalan bersedekah akan menjauhkan kita dari sifat gila harta dan pentingkan keduniaan.
Kita akan menjadi orang yang rela dan redha apabila harta atau milik diberikan kepada orang lain.

Bahkan hal ini membuat kita lebih berharap dan meminta hanya kepada Allah karena percaya setiap yang kita ada adalah pinjaman dari Allah SWT saja. Jadi, sedekah akan menghindarkan kita dari dari nilai-nilai materialisme dan cintakan dunia semata-mata.

# 10- Menjauhkan Diri Dari Sikap Bongkak Dan Sombong

Sikap sombong dan congkak mungkin akan terjadi jika kita mengabaikan sedekah. Jika seseorang bersedekah atau sering memberi kepada orang lain, dia bukanlah termasuk golongan orang yang sombong.

Orang yang sombong adalah mereka yang menganggap semua yang dimiliki adalah hak tetap mereka selamanya. Karena itulah mereka merasa sayang untuk memberikan milik mereka itu kepada orang lain. Tanpa mereka sadar semua itu adalah hak Allah yang dapat ditarik setiap saat saja.
Jadi, bersedekah untuk menghindari diri kita menjadi bagian dari mereka yang sombong dan congkak.

Kesimpulannya, contoh terbaik dalam bersedekah adalah Nabi Muhammad SAW. Beliau seringkali memberikan makanannya ke orang miskin sehingga beliau sendiri sering kelaparan.

Rasulullah sangat takut jika di rumahnya ada hanya sedikit saja harta atau makanan yang belum dibagi. Bahkan pakaian Baginda sendiri dari bahan kasar dan berharga paling murah.
Abu Dzar pernah berkisah bahwa suatu hari sewaktu ia berjalan bersama Rasulullah SAW. Tiba di sebuah tanah lapang di Madinah yang terlihat Bukit Uhud, Rasulullah SAW bersabda;

"Sesungguhnya, harta itu hijau dan manis. Barang siapa mengambilnya dengan kedermawanan hati, maka akan diberkahi; barang siapa mengambilnya dengan keserakahan, maka tidak akan diberkahi. (Jika tidak diberkahi, maka dia) seperti orang yang makan, tapi tidak pernah kenyang. Tangan di atas (memberi) lebih baik dari tangan di bawah (diberi). "
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post