Jangan Pikir Panjang Untuk Sedekah, Ini Keutamaannya


Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah, begitu populernya pribahasa ini. Terkadang kebanyakan ornag merasa rugi ketika mereka memeberikan yang mereka miliki kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

Padahal shodaqoh akan menjadi pelindung kelak di hari kiamat di saat sanak kerbat sibuk dengan urusan masing-masing. Karena “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sodaqohnya”. (HR. Ahmad)

Ketika seorang muslim bersedekah maka:

1. Pahalanya Akan Berlipat Ganda
“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

2. Mendapat Naungan di Hari Akhir
Orang-orang yang bersedekah tidak perlu takut akan orang yang berbuat buruk kepadanya, karena Allah SWT akan selalu memberikan perlindungan dan naungan, bahkan saat di hari akhir nantinya.

Rasulullah SAW menjelaskan tentang adanya 7 tipe manusia yang memperoleh naungan di hari akhir yang di mana di hari itu tidak akan ada naungan lain yang bisa didapatkan selain dari Allah Ta’ala. Salah satu jenis amalan itu merupakan manusia yang gemar bersedekah dan melakukannya dengan menggunakan tangan kanannya.

“Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalannya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

3. Menghapus Dosa-Dosa
Rasulullah SAW bersabda:
“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

Berdasarkan Hadits tersebut, bukan hanya sedekah sendiri yang bisa kemudian menghapus dosa, tapi sedekah yang juga disertai dengan bertaubat, baru setelah itu dosanya benar-benar mendapat pengampunan.

Ada hal yang tidak dibenarkan, yaitu orang-orang yang dengan sengaja merencanakan hal-hal buruk (berbuat curang, mencuri, merampok, memakan riba, korupsi, dan mengambil harta anak yatim) dan sebelum melakukan hal-hal tersebut ia sudah berniat untuk bersedekah demi menghapus dosa-dosa tersebut.

Orang seperti ini sebenarnya sudah tahu kalau yang dilakukannya itu salah, tapi malah seenaknya maka, ini dianggap sebagai dosa besar.

Itulah beberapa keutamaan bersedekah, semoga niat kita selalu di luruskan hanya untuk mengharap ridha Allah. Semoga bermanfaat.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post